Siapa saja yang HARUS minum Obat Kolesterol dan asam urat yang paling ampuh?

“Apa saya harus minum obat kolesterol dok?” Pertanyaan ini sudah jadi pertanyaan yang umum ditanyakan pasien. Kolesterol sudah jadi istilah yang sangat umum, dan obat kolesterol menjadi salah satu obat paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia.

Satu-satunya golongan obat kolesterol di apotik yang direkomendasi secara medis adalah obat golongan STATIN. Obat golongan statin telah terbukti di dalam banyak penelitian klinis acak (randomized clinical trial) menurunkan angka kesakitan dan kematian kardiovaskular. Obat golongan statin terdiri dari 3 kelas, yaitu statin berintensitas tinggi, sedang, dan rendah. Statin berintensitas tinggi menurunkan kadar kolesterol LDL > 50%, statin berintensitas sedang menurunkan kadar kolesterol LDL 30 – 50%, dan statin berintensitas rendah menurunkan kadar kolesterol LDL < 30%. (Lihat Tabel Intensitas Statin untuk penjelasan lebih lengkap mengenai hal ini).

Ada 4 kelompok orang yang harus minum obat kolesterol generik.

Kelompok Pertama

Anda yang telah menderita penyakit-penyakit kardiovaskular yaitu penyakit jantung koroner baik akut maupun kronis, stroke, atau penyakit pembuluh darah tepi (pada umumnya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah di tungkai) termasuk dalam kelompok ini. Jika Anda telah menjalani tindakan revaskularisasi yaitu pemasangan stent koroner atau bedah pintas koroner, Anda juga termasuk dalam kelompok ini.

Kelompok ini harus minum statin sebagai bagian dari upaya pencegahan sekunder, artinya jangan sampai KEMBALI mengalami kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke. Statin yang dianjurkan adalah statin intensitas tinggi dengan target setidaknya menurunkan kadar kolesterol LDL, sang kolesterol jahat, sebanyak 50% dari kadar LDL awal. Statin intensitas tinggi khususnya bagi usia 40 – 75 tahun. Jika Anda berusia > 75 tahun, Anda ‘cukup’ minum statin intensitas sedang.

Kelompok Kedua

Jika Anda berusia di atas 21 tahun dan kadar kolesterol LDL Anda > 190 mg/dl, Anda masuk kelompok ini. Kelompok ini, tanpa memandang faktor resiko atau ada tidaknya penyakit lain, harus minum statin intensitas tinggi. Seringkali mereka yang memiliki kadar kolesterol yang ekstrim tinggi seperti ini memiliki kelainan familial atau genetik, sehingga resiko untuk mengalami kejadian kardiovaskular di masa mendatang juga sangat tinggi. Kelompok ini adalah mereka yang belum pernah terkena penyakit kardiovaskular sehingga penggunaan statin pada kelompok ini bertujuan sebagai pencegahan primer.

Kelompok Ketiga

Anda yang menderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, dan berusia antara 40 -75 tahun, masuk dalam kelompok ini. Kelompok ini harus minum statin intensitas sedang jika kadar kolesterolnya antara 70 – 189 mg/dl. Penderita diabetes sangat beresiko terkena penyakit kardiovaskular sehingga walaupun kadar kolesterolnya normal (< 100 mg/dl) tetap dianjurkan untuk minum statin untuk pencegahan primer, artinya mencegah jangan sampai terkena penyakit jantung atau stroke di kemudian hari.

Kelompok Keempat

Jika Anda tidak termasuk dalam tiga kelompok di atas, Anda masih mungkin harus minum obat kolesterol dan asam urat jika resiko kardiovaskular 10 tahun Anda di atas 7.5% (10-year Atherosclerotic Cardiovascular Disease Risk / 10-year ASCVD Risk > 7.5%). Untuk kelompok ini diharuskan minum statin intensitas sedang sebagai pencegahan primer penyakit kardiovaskular. Beberapa hal yang menjadi faktor penentu resiko kardiovaskular 10 tahun adalah umur, jenis kelamin, ras, kadar kolesterol total, kadar kolesterol HDL, riwayat diabetes, riwayat merokok, tekanan darah sistolik, dan penggunaan obat anti hipertensi.

Pengertian, Pengobatan, Gejala serta Penanganan Terbaik Serangan Jantung

Penanganan awal serangan jantung yang terpenting adalah terapi reperfusi, yaitu membuka kembali sumbatan koroner, sehingga aliran koroner mengalir kembali. Dua metode reperfusi yang dikenal saat ini adalah Primary PCI (Percutaneous Coronary Intervention) dan Fibrinolitik. Untuk menyederhanakan pemahaman, saya memakai istilah ALAT untuk primary PCI, dan OBAT untuk fibrinolitik.

Dalam tulisan ini saya akan membandingkan kedua metode reperfusi tersebut. Mana yang merupakan metode penanganan terbaik serangan jantung.

Pengobatan penyakit jantung – metode reperfusi terbaik

Saat ini, metode reperfusi dengan menggunakan alat merupakan metode yang paling direkomendasikan. Ada beberapa alasan. Yang pertama. Metode ini lebih unggul, karena alat, yaitu kateter masuk sampai ke jantung, letak sumbatan langsung dilihat menggunakan X-ray, dan gumpalan darah (= trombus) langsung disedot. Setelah aspirasi atau penyedotan, langsung dapat dilakukan penilaian ulang apakah aliran koroner sudah kembali atau belum. Jadi, baik dokter maupun pasien bisa melihat langsung apakah sumbatan koroner sudah terbuka atau belum

Pada reperfusi dengan obat, obat penghancur gumpalan darah diberikan melalui infus di vena. Obat yang paling sering dipakai di Indonesia adalah streptokinase. Obat harus melalui sistem pembuluh darah balik tubuh, sebelum akhirnya mencapai pembuluh koroner. Obat ini merupakan obat yang ‘keras’, dengan efek samping terpenting adalah perdarahan. Dengan metode ini dokter tidak dapat melihat secara langsung apakah aliran koroner telah terbuka kembali. Keberhasilan obat membuka kembali koroner dinilai secara tidak langsung melalui keluhan pasien, rekaman EKG (elektrokardiografi), dan pemeriksaan darah (kadar enzim jantung)

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa dengan alat, angka keberhasilan membuka kembali koroner mencapai > 90%. Sementara dengan obat, keberhasilan hanya 50 – 60%.

Keunggulan menggunakan alat juga lebih nyata pada pasien serangan jantung yang mengalami syok. Serangan jantung dengan syok, yang ditandai dengan tekanan darah yang rendah, merupakan kondisi yang sangat berat, dengan tingkat kematian yang tinggi, mencapai sekitar 50%.

Resiko perdarahan, khususnya perdarahan otak, juga lebih rendah menggunakan alat dibanding obat.

Persyaratan reperfusi

Metode apapun yang dipilih, tindakan harus dilakukan secepat mungkin. Manfaat reperfusi paling optimal bila dilakukan dalam 3 jam setelah serangan jantung, tetapi masih dapat dilakukan sampai 12 jam setelah serangan.* Setelah lewat 12 jam, tidak direkomendasikan untuk melakukan reperfusi lagi.

Bila memilih metode reperfusi dengan alat, tindakan harus sudah dilakukan dalam waktu 90 menit . Ini dikenal sebagai door to device time, yaitu waktu dari masuk pintu UGD sampai alat berhasil membuka kembali koroner. Untuk obat, door to needle time, waktu dari masuk pintu UGD sampai diberikan obat fibrinolitik adalah 30 menit.

Penanganan terbaik serangan jantung – kendala saat ini

Kendala di Indonesia saat ini adalah masih sangat sedikit rumah sakit yang memiliki sarana dan kemampuan untuk melakukan tindakan reperfusi dengan metode alat. Biaya tindakan yang mahal juga masih menjadi kendala.

Kendala berikutnya adalah pemahaman masyarakat yang keliru, misalnya: ‘Coba dulu dengan obat. Kalau gagal baru dengan tindakan.’ ‘Takut kalau harus pakai alat atau tindakan (karena konotasinya sama dengan operasi). Pakai alternatif saja dulu (= obat).’

Akibatnya, di Indonesia saat ini jauh lebih banyak pasien serangan jantung yang ditangani dengan menggunakan obat. Mudah-mudahan dengan makin majunya bangsa Indonesia, di masa depan lebih banyak pasien yang mendapatkan penanganan terbaik serangan jantung yaitu reperfusi dengan alat yaitu primary PCI.

*Bila reperfusi dilakukan dalam 3 jam setelah serangan jantung, baik dengan alat maupun obat menunjukkan efektivitas yang sama, kecuali komplikasi stroke perdarahan lebih tinggi pada metode dengan obat.

Cara Cepat Mengobati Maag dengan Pilihan Bahan Alami Ini

Cara cepat mengobati maag selalu jadi kata kunci yang banyak dicari oleh para penderita penyakit maag. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri karena berdasarkan survey ternyata di Indonesia sendiri penderita penyakit maag sangatlah besar.

Maag ini sendiri mengacu pada penggambaran ketika ada rasa sakit di bagian sekitar lambung penderitanya.

Mengenal pengertian penyakit maag

Maag atau biasa disebut dengan istilah gastritis merupakan jenis peradangan yang ada di dinding perut dan disebabkan karena beragam hal.

Untuk gejala dari penyakit ini sendiri bisa dikurangi dengan Anda mengurangi konsumsi pada makanan hingga minuman tertentu. Selain karena alasan bakteri, maag ini pun bisa dipicu dari efek samping karena konsumsi obat tertentu sehingga pemicunya harus diketahui dulu.

Maag ini bisa bersifat kronis maupun tiba-tiba atau secara akut. Biasanya orang yang sakit maag tidak akan merasa gejala apapun.

Namun tak sedikit juga penderita yang merasakan gejala misalnya sakit perut, mual, muntah dan lainnya. Rasa sakit yang diderita oleh penderita maag inilah yang jadikan banyak orang mencari cara cepat mengatasi maag secara alami.

Makanan penyebab sakit maag

Sebagian orang yang sakit maag tak perlu meminum obat namun sakit maag bisa reda dengan sendirinya. Umumnya makanan adalah alasan yang kerapkali menjadi penyebab sakit maag ini. Bagi Anda yang juga sering sakit maag, maka Anda juga perlu tahu makanan yang kerap jadi biang keladi sakit maag.

Beberapa makanan atau minuman yang bisa menjadikan sebab sakit maag diantaranya minuman beralkohol, makanan dengan lemak yang amat tinggi, minuman dengan kandungan kafein dan minuman bersoda, buah dengan kandungan asam sitrat, cokelat, makanan digoreng, hingga makanan yang bisa jadi sebab alergi Anda.

Cara cepat mengobati maag

Maag kronis memang jadi penyakit yang cukup merepotkan. Meski begitu Anda tetap bisa melakukan penanganan pada sakit maag yang dideritanya. Sebetulnya cara cepat menyembuhkan penyakit maag kronis sendiri bisa dilakukan dengan konsumsi beberapa obat.

Beberapa jenis obat misalnya antasida dimana obat ini bisa menetralkan asam yang ada di perut yang biasa menjadi pemicu rasa sakit. Ada juga obat antibiotik di pasaran misalnya amoxilin, klaritromisin dan lainnya juga bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit maag ini.

Pengobatan maag alami

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, maag ini sendiri juga bisa diatasi atau setidaknya diminimalisir dengan penggunaan beberapa makanan alami.

Umumnya cara cepat mengobati maag dengan alami ini lebih dipilih karena dirasa aman untuk penderita dan minim efek samping. Bahan alami pun amat mudah didapatkan di sekitar Anda.

Berikut ini beberapa cara cepat mengobati penyakit maag yang aman dari bahan alami dan bisa Anda coba di rumah:

  • Peppermint – yang pertama adalah peppermint dimana bahan ini diklaim mampu menenangkan gangguan yang ada di sekitar pencernaan. Peppermint ini akan membantu dalam merelaksasikan otot perut serta bisa juga meningkatkan aliran empedu.
  • Teh chamomile – rasa teh yang lezat dari chamomile ternyata pun mampu membantu untuk meredakan sakit maag yang Anda rasakan. Teh chamomile ini sudah terbukti dari penelitian untuk mampu membantu dalam penanganan maag pada penderitanya.
  • Yoghurt – Cara cepat mengobati maag lainnya adalah dengan memakai yoghurt. Alasannya adalah yoghurt mampu melawan bakteri yang jadi penyebab maag serta tukak lambung.

 

Cara Pengobatan Parkinson Ternyata Bisa Memanfaatkan Zat Alami

Cara pengobatan parkinson sudah menjadi penelitian yang dilakukan oleh tim dokter hingga bertahun-tahun lamanya. Mungkin banyak diantara Anda yang masih sangat asing mendengar penyakit yang satu ini.

Penyakit parkinson sendiri merupakan penyakit dimana degenerasi sel saraf yang secara bertahap di otak tengah yang dapat atur fungsi pergerakan tubuhCara penyembuhan penyakit parkinson ini sendiri butuh waktu yang tak sebentar.

Gejala awal penyakit parkinson

Penyakit parkinson ini bisa dibilang merupakan penyakit yang amat menyeramkan. Beberapa gejala yang mengawalinya biasanya adalah terjadi gemetar atau biasa disebut dengan tremor. Ini adalah gejala awal yang amat mudah diketahui.

Selain dari gejala ini, ada juga gejala awal yang umumnya cenderung sulit diketahui yakni dengan merasa lemah dan kaku di sebagian tubuh atau gemetar halus di tangan ketika istirahat.

Dari gejala awal tersebut, nantinya akan ada gejala lanjutan misalnya tremor kian parah dan menyebar. Penderita juga akan merasa otot kian kaku serta tidak fleksibel.

Selain itu pergerakan yang lambat dan keseimbangan yang berkurang juga menjadi gejala lanjutannya. Penderita pun akan merasakan gejala fisik lain misalnya sulit tidur, konstipasi hingga cemas dan depresi.

Penderita penyakit parkinson

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 10 juta orang yang menderita parkinson. Tak heran jika para tim dokter berusaha keras untuk bisa temukan cara pengobatan parkinson yang ampuh untuk dilakukan.

Kebanyakan penderitanya adalah para orang tua dan kerapkali lebih cenderung pada para pria. Umumnya mereka yang menderita penyakit ini ada di umur masuk 50 tahun namun ada juga yang di umur 40 tahunan sudah mendapatkan penyakit ini.

Cara pengobatan parkinson

Perlu diketahui jika sampai saat ini cara mengobati parkinson pada dasarnya belum ditemukan. Pengobatan serta penanganan yang ada saat ini adalah untuk bisa meredakan gejala yang ada saja. Cara pengobatan parkinson saat ini pun dilakukan sehingga bisa menjaga pada kualitas hidup dari para penderitanya sehingga tetap bisa beraktivitas seperti orang biasa.

Cara pengobatan parkinson biasanya dilakukan dengan cara fisioterapi, menggunakan obat serta ada tahap operasi ketika benar diperlukan.

Penyakit ini di awal gejala masih terbilang ringan dan tidak diperlukan penanganan khusus. Namun untuk bisa tahu perkembangan dari kondisinya, maka pemeriksaan pun akan selalu dilakukan rutin dan terus dipantau oleh dokter.

Sebetulnya saat ini sudah ada perkembangan yang cukup signifikan dengan pengobatan penyakit parkinson ini. Penderita pun tidak usah terlalu sedih karena dengan terapi rutin dan obat dari dokter maka akan tetap bisa beraktivitas seperti halnya pada manusia normal lainnya.

Dengan kemajuan teknologi kedokteran, maka diupayakan agar para penderita penyakit ini tetap bisa beraktivitas meski tanpa bantuan dari orang lain.

Cara mengobati penyakit parkinson secara alami

Selain langkah terapi dan obat-obatan dari dokter, ternyata Anda juga bisa mengusahakan cara pengobatan parkinson dengan alami. Sudah ada penelitian yang menyebutkan jika baru-baru ini kafein serta antioksidan adalah dua zat alami yang bisa membantu dalam pengaruh besar akan gejala penyakit parkinson ini.

Memang korelasi yang jelas antara kedua zat dan penyakit parkinson masih kurang jelas, namun penelitian yang dilakukan di McGill University sudah bisa membuktikannya. Meski masih belum dirilis benar bahwa kedua zat ini bisa membantu jangka panjang, namun tetap bisa berefek baik di tubuh para penderita parkinson.

Pengobatan Tradisional Vertigo di Zaman Modern

Pengobatan tradisional vertigo kini sudah mulai mendapatkan pengakuan meskipun kini sudah ada banyak sekali pengobatan yang menggunakan teknologi modern. Penyakit vertigo merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa peduli usia.

Untuk mengatasi penyakit ini banyak orang sudah menggunakan pengobatan alternatif untuk vertigo. Maka dari itu pengobatan ini dinilai cukup aman dan bisa membantu dalam berbagai masalah kesehatan selain dari vertigo juga.

Jika Anda ingin mengobati penyakit ini dengan mudah, pengobatan tradisional vertigo ini menjadi salah satu pilihan yang baik dan akan membantu. Banyak sekali bahan alami yang kini bisa menjadi ramuan untuk penyembuhan vertigo.

Penyakit vertigo salah satu ciri yang membedakannya dengan sakit kepala lain adalah adanya rasa berputar di kepala pada saat penyakit ini menyerang. Selain itu kepala akan sangat terasa berat.

Pengobatan Tradisional Vertigo dengan Ramuan Tradisional

Ketika Anda menggunakan obat tradisional untuk vertigo ini menjadi salah satu hal yang sangat baik sekali dan akan membuat pengobatan jadi lebih murah. Kini sudah ada banyak sekali pengobatan yang bisa dijalankan bagi penderita vertigo.

Pengobatan ini salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan beragam ramuan yang sangat membantu. Ramuan ini salah satunya terbuat dari daun Sambiloto, ini merupakan salah satu daun yang memang terdengar asing bagi beberapa orang.

Sudah banyak orang yang mengakui bahwa pengobatan dengan menggunakan daun sambiloto ini memberikan efek yang baik. Daun ini memang tidak mudah ditemukan karena tergolong dalam daun liar.

Tidak hanya menggunakan daun sambiloto, kita kini juga bisa menggunakan bunga melati sebagai salah satu pengobatan untuk penyakit vertigo. Bunga melati memang memiliki banyak khasiat yang tidak banyak diketahui orang.

Kembang sepatu, bunga yang cantik ini juga bisa menjadi salah satu ramuan yang baik untuk Anda yang menderita vertigo. Pada bunga sepatu ini terdapat kandungan Flavonoid yang baik untuk para penderita vertigo.

Cara Pengobatan Penyakit Vertigo yang Mudah

Semua orang yang sudah terdeteksi penyakit tertentu pastinya sangat ingin sekali sembuh dan ingin membuat perubahan dalam tubuh mereka. Begitu juga dengan penderita vertigo pastinya sangat ingin sembuh dari bayang-bayang penyakit ini.

Rempah jahe juga bisa menjadi salah satu pengobatan tradisional vertigo yang baik. Pada jahe terdapat hawa panas yang bisa membantu dalam melancarkan aliran darah dii dalam tubuh. Sehingga tidak terjadi lagi penyumbatan dalam tubuh penderitanya.

Sejumlah sayur-sayuran juga masih bisa diolah menjadi sebuah ramuan yang baik untuk mengatasi vertigo. Beberapa sayuran ini seperti seledri, brokoli, bayam dan amla. Untuk buah-buahan yang bisa menjadi obat tradisional menghilangkan vertigo seperti alpukat, pisang dan almond.