Manfaat Penting Pilates Bagi Kesehatan Tubuh

Semua orang pasti selali menginginkan kondisi kesehatan dalam keadaan yang baik. Apalagi jika berbicara masalah berat badan, semua oran akan sangat sensitif jika berat badannya tiba-tiba naik dengan drastis. Hal ini telah terjadi pada kita semua. Setelah seharian sibuk bercengkerama dan menghadiri berbagai jenis acara makan-makan, misalnya arisan atau sekedar kumpul-kumpul dengan teman lama,  pakaian akan sering terasa lebih sempit dan celana pun sulit dipakai. Inilah saatnya untuk melakukan hal yang lebih serius! Berikut ini tips kesehatan yang dapat mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Metode Pilates: Teknik dari zaman dahulu kala

Metode PilatesDengan jumlah pengikut yang masih terus-menerus bertambah di seluruh dunia, teknik pilates ini memadukan latihan yang akan melibatkan konsentrasi pikiran serta latihan fisik, dan mencari keseimbangan antara pikiran dengan raga. Pilates merupakan sebuah teknik pernapasan, relaksasi, dan peregangan yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Setiap latihan umumnya mengandung gerakan-gerakan terkontrol yang akan diikoordinasikan dengan pernapasan. Pilates dapat memulihkan kondisi tubuh Anda dan memberikan tubuh yang fleksibel serta kencang. Jika Anda terlanjur berpikir pilates merupakan latihan olahraga yang lambat dan sangat membosankan, Anda salah besar! Pilates merupakan latihan yang cepat dan menggunakan gerakan yang lengkap.

Mulai latihan perlahan-lahan, tapi tanpa jeda

Anda dapat bergabung ke dalam sebuah gym atau dapat melakukannya sendiri di rumah. Latihan-latihan sederhana ini akan memperkenalkan Anda pada dunia Pilates. Hanya dalam beberapa menit setiap hari, Anda dapat melihat perbedaan dalam pernapasan dan postur tubuh yang lebih baik serta perasaan yang lebih ringan. Cobalah!

  1. Posisis Kaki. Berbaring terlentang, jika memungkinkan lakukan di atas matras. Rentangkanlah lengan di samping tubuh dan mulai menarik napas. Angkatlah salah satu kaki sampai membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh dengan menghembuskan napas. Turunkan secara perlahan-lahan sambil menarik napas dalam-dalam. Ulangi sebanyak lima kali untuk setiap kaki, istirahatlah satu menit dan ulangi rangkaian ini dari awal setelahnya.
  2. Posisi Glutes (otot pada di bagian pinggul). Berbaring terlentang di atas matras kemudian letakkanlah lengan di samping tubuh. Tekuklah kaki dengan sudut 45 derajat. Tarik napas perlahan. Angkat otot glutes Anda sambil menghembuskan napas. Pada posisi ini, angkatlah salah satu kaki dan silangkan di atas kaki yang lain. Lalu Kembalikan kaki ke posisi awal dan ulangilah latihan ini dengan kaki yang lain. Lakukan sebanyak dua set yang terdiri dari 5 pengulangan dengan setiap kaki, istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
  3. Posisi Perut. Berbaring terlentang di lantai, kemudiaan letakkan tangan pada bagian belakang leher dan kaki lurus dirapatkan dalam posisi yang vertikal, dengan jari-jari kaki mengarah ke atas. Kerutkan pusar Anda ke arah dalam dan sedikit ke atas. Tetap tempelkan punggung di atas lantai, jangan memberikan ruang antara matras dan ruas tulang punggung. Tarik napas perlahan sambil menahan posisi awal tadi. Lalu Hembuskan napas sambil menurunkan kaki Anda ke sudut 45°, sedikit angkat kepala Anda dari lantai. Punggung harus tetap rata dengan lantai. Tarik napas perlahan sambil mengembalikan kaki ke posisi awal. Ulangi sebanyak 8 kali dengan waktu istirahat satu menit dan ulangi dari awal.

Leave A Comment...

*