Cara Penanganan Pertama Pada Penyakit Tbc Paru

Penanganan penyakit tbc – tuberkulosis atau tb merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang paru-paru melalui bakteri tuberkulosis, selain itu penyakit ini juga menyerang kelenjar getah bening, tulang belakang dan juga tenggorokan. Tuberkulosis atau tbc merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini belum ada satu negara pun yang bebas dari tbc.

Angka kematian dan kesakitan akibat kuman micro bakteri ini pun cukup tinggi. Berdasarkan data who global tubercolosis report menyatakan indonesia dengan jumlah penduduk 254 juta jiwa berada di posisi kedua dengan beban tb tertinggi di dunia. Berdasarkan kementrian kesehatan bahwa penyakit tbc merupakan penyebab kematian keempat setelah penyakit kardiovaskuler. Besarnya masalah tb paru bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan saja melainkan tanggung jawab kita juga sebagai warga negara republik indonesia.

Penanganan penyakit tbcOleh karena itu, mari kita aktif dan sadar akan penyakit tb dengan mengetahui faktor penyebab, gejala, pengobatan, pencegahan dan Penanganan penyakit tbc. Tbc memiliki gejala utama yang khas yaitu batuk terus-menerus dan berdahak 3 pekan atau lebih. Gejala tambahan yang sering dijumpai yaitu pertama dahak bercampur dengan darah. Kedua sesak nafas dan nyeri pada bagian dada. Ketiga demam meriang lebih dari 1 bulan. Keempat berkeringat pada malam hari tanpa sebab yang jelas.

Kelima badan terasa lemah dan lesu. Dan keenam nafsu makan menurun menyebabkan penurunan berat badan. Cara pencegahan tbc adalah pertama menjaga keseimbangan makan dan minum. Kedua menjaga kebersihan rumah. Ketiga menjaga keseimbangan kerja. Keempat beristirahat yang cukup. Dan yang kelima menghindari kontak langsung dengan penderita tbc usahakan memakai masker. Dan yang keenam pemberian vaksin pada bayi yang baru lahir.

Pengobatan dan Penanganan penyakit tbc adalah pertama cek berat badan minimal 1 kali 1 bulan. Yang kedua mengkonsumsi obat oat selama 6 bulan tanpa terputus. Ketiga jangan meludah dan batuk sembarangan. Keempat memakai masker apabila berada di tempat umum. Kelima alat makan untuk penderita tbc khusus tidak bersamaan dengan orang yang sehat. Keenam istirahat yang cukup. Ketujuh makanan yang bergizi dan bervitamin. Kedelapan berada dilingkungan yang bersih dan sehat. Kesembilan segera bawa ke pelayanan kesehatan apabila tidak tertangani. Untuk indonesia bebas tb, ayo temukan tb dan obati sampai sembuh.

Leave A Comment...

*