Mengobati Kolesterol Tinggi Sedini Mungkin dengan Mengenali Gejalanya

Mengobati kolesterol tinggi termasuk salah satu jenis pengobatan yang banyak dicari oleh orang-orang di atas usia 30an.

Kolesterol merupakan istilah yang diberikan untuk lemak berbahaya yang menumpuk dalam pembuluh darah. Membentuk kristal dan menghambat aliran darah dari dan menuju jantung. Pastinya bukan masalah kesehatan yang baru lagi terjadi.

Mengingat hal ini sudah banyak menyebabkan penderitanya mengalami penyakit yang lebih serius. Tekanan darah tinggi, kerusakan jantung hingga stroke pada dasarnya masalah kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Diantaranya adalah beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah, kolesterol yang tinggi akan menghambat kinerja darah dalam mengalirkan oksigen dan juga sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh.

Hal ini akan memicu jantung bekerja lebih keras untuk bisa mengalirkan darah, secara tidak langsung akan membuat jantung dipaksa bekerja keras dan berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan. Bahkan dalam beberapa kasus juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yaitu stroke. Untuk itu wajib penderitanya segera menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi?

Masalah kolesterol ini memang sering kali terjadi pada tubuh, namun tidak disadari, tentunya dampaknya berbahaya, karena belum sempat melakukan pengobatan mengatasi kolesterol tinggi alami tersebut, namun sudah berbuah pada penyakit berbahaya yang diderita. Untuk itu sebelumnya kenali gejala awalnya terlebih dahulu:

  1. Pusing, rasa pusing ini disebabkan karena otak tidak mendapatkan pasokan darah secara cukup, sehingga membuat tubuh terasa mudah pusing. Bahkan dalam beberapa kondisi bisa memicu terjadinya stroke mendadak, karena pasokan oksigen semakin lama semakin berkurang ke otak.
  2. Nyeri pada bagian dada, rasa sakit di dada sebelah kanan maupun kiri ini terjadi karena jantung dipaksa untuk memompa darah secara lebih keras. Sehingga menyebabkannya menjadi sakit.
  3. Nyeri pada bagian tengkuk kepala, kondisi yang satu ini juga sangat sering dialami oleh mereka yang memiliki masalah kolesterol, karena suplay darah yang tidak berjalan dengan lancar menuju ke otak.
  4. Nyeri pada bagian betis ketika digunakan untuk berjalan, padahal sebenarnya rasa nyeri ini tidak disebabkan oleh aktivitas fisik yang terlalu padat, misalnya terlalu sering berlari atau sejenisnya.
  5. Berat badan yang tidak stabil, terkadang naik drastis, namun juga bisa jadi mengalami penurunan drastis. Hal ini menunjukkan kolesterol Anda tidak normal.
  6. Kaki terasa kesemutan, hal ini disebabkan karena aliran darah tidak sampai ke bagian syaraf-syaraf tepi akibat timbunan kolesterol dalam tubuh.

Cara mengobati kolesterol tinggi

Agar tidak bertambah bahaya karena pada dasarnya masalah kesehatan ini bisa memicu berbagai macam komplikasi, diantaranya adalah penyakit jantung bahkan stroke, maka Anda bisa terapkan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat berikut ini:

  1. Olahraga secara teratur, olahraga membantu untuk membakar lemak jahat yang ada dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah yang tertimbun di dalam pembuluh darah.
  2. Atur pola makan secara tepat, mulai menghindari beberapa jenis makanan yang tinggi kadar kolesterolnya, juga bisa meningkatkan asupan vitamin dan mineral dalam tubuh.
  3. Cukupi kebutuhan air putih, dengan konsumsi air putih secara cukup akan ikut serta dalam membersihkan kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah.
  4. Hentikan rokok dan juga alkohol, kedua jenis zat yang berpotensi menyebabkan menumpuknya kolesterol dalam tubuh.

Terapkan beberapa langkah mengobati kolesterol tinggi tersebut secara konsisten untuk dapatkan hasil yang maksimal. Karena ternyata masalah kesehatan serius bisa dipicu hal-hal sederhana seperti kolesterol ini.

Leave A Comment...

*