Inilah Ciri-Ciri Anemia Dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Inilah Ciri-Ciri Anemia Dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat.  Saya akan bercerita mengenai suatu hal yang berkaitan dengan yang namanya anemia yang menemani saya adalah seorang dokter spesialis dalam yaitu dokter Leni. Nah bicara tentang anemia ini berkaitan dengan oksigen ya dok ya ? karena bagaimanapun oksigen ini kan dibawa oleh sel darah merah dan oksigen ini berpengaruh dengan paru –paru juga.

Disaat kita bernapas itu kanoksigen akan dihirup masuk ke dalam paru-paru. Kemudian di dalam paru-paru itu oksigen ini akan dibawa oleh hemoglobin. Hemoglobin ini istilahnya yang membawa oksigen tadi untuk di transfer ke seluruh tubuh, sehingga kebutuhan oksigen itu terpenuhi. Mulai dari otak, jantung, dan hampir semua organ tubuh  sehingga energi bisa didapatkan secara optimal.

Nah ciri-ciri anemia pada penderita biasanya jumlah eritrosit atau sel darah merah itu kan berkurang, otomatis yang membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi berkurang nah inilah yang menyebabkan suatu gejala dimana kita mudah capek atau letih yang berlebihan. Dan bahkan kalau Anda merasa tidur kurang nyenyak, kemudian bangun di pagi hari tetap terasa capek ini bisa jadi merupakan salah satu dari gejala anemia. Selain kelelahan apa saja dok yang merupakan ciri-ciri anemia?

Ciri-Ciri AnemiaDr. Leni : biasanya ciri-ciri anemia rasa kepalanya melayang

A: jadi kalau kita bangun dari duduk terus bangun itu terasa melayang atau hitam gitu.

Dr. Leni : Terus napas terasa pendek, malah kalau terlalu rendah hemoglobinnya dia akan sesak napas terutama bila beraktifitas. Kalau kita beraktifitas kita butuh oksigen yang lebih dari normal sementara pada anemia hemoglobinnya kurang dan eritrositnya juga kurang. Akibatnya kebutuhan oksigen tidak terpenuhi.

A: Apakah warna kulit juga pucat gak dok pada penderita anemia akut ?

Dr. Leni : Pucat itu kita bisa liat dari kelopak mata, dari bibir dan dari ujung –ujung jari.

A: nanti ada lagi penjelasan anemia, ini akan dibantu oleh seorang bintang tamu artis remaja “Cinta

Laura”.  Cinta kita bicara tentang ciri-ciri anemia akut. Bicara tentang gangguan anemia kelopak bola mata. Ayo coba dilihat kelopak bola matanya ada kaca atau cermin?
Cinta Laura : Harus warna apa dok?

Dr. Leni : Harus merah muda jangan pucat

A: Sel darah merah itu kita ibaratkan sebagai truk, nah truk kan pasti ada pabriknya kan yang buat truk. Anemia itu selain kekurangan gizi seperti asam folat, vit b12 juga bisa dikarenakan gangguan pada si pabrik nya atau di sumsul tulangnya. Kita sekarang bicara si pabrik ini menghasilkan sel darah merah yaitu si truk. Ya ini truk ini kan sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Hemoglobin ini mengikat O2 di dalamnya ini mengandung oksigen. Sel darah merah ini umurnya berapa lama dok ?

Dr. Leni : umurnya sekitar 4 bulan

A: Ini kan nantinya akan di regenerasi atau dihancurkan sendiri oleh tubuh dan tubuh akan menutup kembali. Apabila truk mengalami rusak si hemoglobin yang di bawa truk akan kurang. Selain itu pnyebabnya apa lagi dok?

Dr. Leni : Penyakit – penyakit dasar yang di alami  pasien misalnya pada pasien-pasien dengan gagal ginjal, kembali ke pabriknya yang rusak jadi tubuh tidak mampu membentuk hemoglobin dalam jumlah yang seharusnya digunakan. Misalnya penyakit leukemia nah itu kerusakan pada sumsum tulang

A: Berarti istilahnya pada pabriknya kemudian si truk atau sel darah merah tapi apabila penyebab anemia akut adalah asupan makanan ya siasatnya mungkin ada ya dok ya ? Ini beberapa contoh cara mengatasi anemia akut untuk memenuhi dari kebutuhan supaya tidak terkena anemia.

Cinta Laura : aku punya pertanyaan nih, banyak orang seumuran papi aku atau mami aku katanya jangan makan terlalu banyak daging merah, Itu kenapa?

Dr. Leni : Memang ada beberapa penelitian terutama di amerika sudah melakukan penelitian ya. Daging merah itu kan resiko kanker lebih besar.  Jadi metabolisme pada orang tua itu menurun, ada suatu hal dimana daging merah dan sayur-sayur hijau pada penderita anemia tidak boleh untuk penderita thalassemia. Kenapa? Karena kita berikan FE yang berlebihan sementara tubuhnya  tidak mampu menggunakan Fe tersebut. Akibatnya menumpuk – menumpuk di limfa akibatnya limfanya membesar dan akhirnya muncul penyakit – penyakit yang tidak di inginkan.

A: Jadi kesimpulannya apabila asupan gizi sudah kita atur sedemikian rupa tapi penderita anemia akut dan penyebab anemia akut tidak berkurang kemungkinan ada penyebab dari enemia lain yang  mengarah ke penyakit serius. Nah ini tadi mengenai ciri-ciri anemia, sesuatu  hal yang tidak boleh Anda sepelekan karena mungkin saja ada suatu indekasi terhadapa suatu penyakit yang berbahaya buat kesehatan Anda.

Leave A Comment...

*